pengenalan microsoft excel 2010, mengenal menu dan fungsi menu microsoft excel


Pengertian dan Fungsi Menu Microsoft Excel

pengertian 

   Microsoft Excel atau sering disebut dengan Excel merupakan program untuk mengolah angka/data secara otomatis, yang meliputi perhitungan dasar matematika, penggunaan fingsi-fungsi tertentu, pengolahan data, pembuatan grafik dan manajemen data. Selain itu Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk berbagai urusan, dimulai dari yang sederhana, hingga urusan yang kompleks.

fungsi microsoft excel
  • Bisa untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif.
  • Membuat grafik
  • Memanajemen data
  • Bisa menggunakan fungsi matematis
  • Bisa menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah.

fungsi menu microsoft excel

1. lembar kerja microsoft excel
   Saat kalian membuka microsoft excel 2010, kalian pasti akan dibawa ke lembar kerja seperti          yang ada dibawah ini;
  Gambar diatas menunjukan komponen-komponen terpenting dari excel 2010. Komponen-             komponen tersebut adalah sebagai berikut;
     
    a. Quick access toolbar, letaknya berada         dikiri atas. Quick access toolbar ini             mewakili  perintah-perintah tertentu yang biasanya sering digunakan.
   b. Tab baris, berisi sekumpulan tab seperti, file, home, insert, formula dan lain sebagainya.
 c. Size button, untuk mengatur tampilan lembar kerja excel.
  d. Name box, merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
 e. Formula bar, tempat untuk menuliskan rumus.
 f. Kolom, baris lajur yang berisi abjad A sampai VI.
  g. Baris, berisi angka 1 sampai 65536.
 h. Scroll bar, digunakan untuk menggulung dokumen ke atas ke bawah atau ke kiri ke kanan.
  i.  Tombol navigasi sheet, digunakan untuk berpindah sheet.
  j.  Status bar, baris yang berisi keterangan      tentang lembar kerja yang sedang digunakan.
 k. Zoom, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar.

2. Menu Tab Microsoft Excel 2010
    Lembar kerja microsoft excel mempunyai menu-menu tab yang dapat membantu pekerjaan anda      dengan cepat. Tab-tab tersebut adalah sebagai berikut;

   1. Tab Home, elemen pada tab home terdiri dari submenu berikut.

    a. Clipboard, digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy.             Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut;
             1). Cut, untuk menghapus/memotong                       teks.
             2). Copy, untuk meduplikat teks.
            3). Format Painter, membuat format                        data  seperti data sebelumnya.
            4). Paste, menempelkan hasil copian                        data.
   b. Font, submenu dari font adalah sebagai berikut;
             1). Increase font size, membesarkan                        ukuran huruf.
            2). Decrease font size, mengecilkan                          ukuran   huruf.
             3). Bold, menebalkan huruf.
             4). Italic, mencetak miring huruf.
            5). Underline, memberi garis bawah                         pada  huruf.
             6). Border, memberi bingkai pada                             tabel.
             7). Fill color, memberi warna.
             8). Font color, memberi warna pada                         huruf.
             9). Font, untuk memilih jenis huruf.
  c. Alignment, submenu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
          1). Top Align, format teks rata tengah                     dengan posisi disebelah kiri halaman.
          2). Middle Align, format teks rata                            tengah  dengan posisi ditengah-                           tengah  halaman.
           3). Bottom Align, penggalan halaman.
           4). Align Left, format teks rata kiri.
           5). Center, format teks rata tengah.
           6). Align Right, format teks rata kanan.
           7). Decrease Indent, paragraf menjorok                   ke kiri.
           8). Increase Indent, paragraf menjorok                    ke kanan.
           9). Merge and Center, menggabungkan                    dan menengahkan teks.
 d. Number, submenu number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini;
          1). General, tombol pengaturan secara                     umum.
          2). Curency, format mata uang.
          3). Percent, format persen.
         4). Comma, pemberian tanda koma pada                  data.
          5). Decrease decimal, mengurang angka                  desimal.                         
          6). Increase decimal, menambahkan                        angka  desimal.      
 e. Styles, submenu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini;
          1). Conditional formatting, pembuatan                    format yang sesuai dengan                                   keinginan.  
           2). Format as table, pembuatan tabel                       dengan format yang disediakan.
           3). Cell style, pembuatan penampilan                       sel. 
  f. Cell, submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
         1). Insert, menyisipkan sel.
         2). Delete, menghapus sel.
         3). Format, pengaturan penampilan sel.   g. Editing, submenu editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini;
          1). Autosum, menghitung secara                               otomatis,   membuat rumus.
          2). Clear, menghapus sel. 
         3). Sort and filter, mengurutkan dan                        menyaring data. 
         4). Find and select, mencari dan                               menseleksi data.

2. Tab Insert, tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja               seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta                 memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;
       a. Tables, nama dan fungsi submenu dari              tables adalah sebagai berikut 
           1). Pivot table, membuat tabel                                   rekapitulasi dengan bentuk yang                        ditentukan   sendiri.
           2). Table, membuat table. 
      b. Ilustrations, submenu dari tab ini                    adalah   sebagai berikut;
           1). Picture, menyisipkan gambar.
           2). Clip art, menyisipkan clipart.                        3). Shape, menyisipkan gambar standar                  dari komputer.
           4). Smart Art, menyisipkan gambar                          praktis.
      c. Chart, digunakan untuk membuat                       grafik   dengan berbagai model.
      d. Text, digunakan untuk membuat text                 box, menyisipkan header dan footer,                 membuat huruf indah, menyisipkan                   objek, dan menyisipkan simbol.

  3. Tab Page Layout, tab ini digunakan untuk mengatur data, submenu dari tab ini adalah                   sebagai berikut;
       a. Themes, digunakan untuk mengatur                  pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
       b. Page Setup, digunakan untuk                             mengatur  batas tepi kertas (margin)                 orientasi kertas, mengatur ukuran                     kertas/size, mengatur area pencetakan,             mengatur penggalan halaman (page                   break), memberi background pada                     dokumen, mencetak dan memberi judul              tabel.
       c. Scale to fit, digunakan untuk mengatur             lebar, tinggi, serta skala kolom atau                   baris   secara                 otomatis.   
      d. Sheet option, digunakan untuk                          memunculkan garis bantu sertaheading            dari  suatu data. 
     e. Arrange, digunakan utnuk mengatur                 tata  letak gambar.

4. Tab Formula, digunakan untuk                         memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi       teks, format keuangan, tanggal, dan waktu.     Berikut ini adalah bagian dari tab formula;

5. Tab Data, digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau merefresh data. pada bagian Sort      dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools,              digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk             proses  group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.

6. Tab Review, digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar,               serta untuk keamanan data.

7. Tab View, digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja           pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.

Komentar